Sabtu, 28 Juli 2012

Minum Kopi di Bulan Ramadhan

Kopi Aroma


Akhirnya tiba juga bulan Ramadhan. Saatnya kita berpuasa selama sebulan penuh.

Saya ingin selalu ngopi saat berpuasa tapi banyak yang bilang minum kopi pada saat berpuasa dapat membuat dehidrasi. Sempat beberapa hari di awal puasa saya tidak ngopi karena takut merasa haus saat berpuasa, tapi akhirnya saya tetap tergiur untuk minum kopi dan mulai tetap ngopi pada saat sahur dan buka. Dan yang saya rasaan saya malah merasa lebih segar saat berpuasa, tidak merasa haus dan dehidrasi. Bahkan saya bisa lebih semangat dalam beraktifitas dan beribadah. Saya pikir, mungkin bisa jadi ini ada pengaruhnya dengan sugesti.

Yang saya tahu memang ketahanan tubuh akan kafein berbeda-beda pada tiap orang. Ada orang yang bisa merasa kalang kabut jantung berdebar kencang, sulit tidur, pusing, mual, sakit perut walaupun baru minum sedikit kopi. Tapi ada juga yang baik-baik dan tenang-tenang saja walaupun sudah minum kopi robusta 4 gelas dalam sehari. Wowww, saya pun tidak sampai sekuat itu minum kopi. Walaupun saya pencinta kopi, tapi saya selalu berprinsip lebih baik minum kopi tidak berlebihan tiap hari untuk merasa sehat,segar dan bugar daripada minum kopi berlebihan hingga sakit dan tidak dapat minum kopi lagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan memang sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Karena penasaran saya mulai mencari tahu, aman tidak sih minum kopi saat berpuasa. Dan ternyata banyak penelitian yang membuktikan hal yang berbeda-beda. Ada pula yang membuktikan bahwa konsumsi kafein tidak signifikan mempengaruhi jumlah urin yang dikeluarkan. Ini juga disebabkan karena efek kafein pada tiap orang berbeda-beda. Terdapat juga penelitian lain yang mengatakan bahwa jumlah kafein yang berlebihan (lebih dari 360 mg, yaitu kira-kira sekitar 4-5 gelas kopi) baru akan mempengaruhi jumlah keluarnya urin. Terdapat juga penelitian lain yang mengatakan bahwa kafein dapat meningkatkan laju urinasi pada seseorang tergantung kondisi per-orang apakah kafein dikonsumsi secara rutin atau sesekali tapi banyak. Jika orang tersebut mengkonsumsi kafein secara rutin, tubuhnya akan lebih beradaptasi dengan efek yang dapat disebabkan oleh kafein.

Jadi kesimpulan yang dapat saya ambil. Tidak perlu khawatir minum kopi saat berpuasa, asal jangan berlebihan. Selamat berpuasa. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar