Selasa, 28 Agustus 2012

Membedakan Kopi Luwak, Asli atau Palsu

*Photo diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/Kopi_Luwak

Luwak, berasal dari bahasa suku Jawa. Luwak merupakan hewan sejenis musang yang juga menyukai buah kopi yang sudah matang berwarna merah. Pencernaan hewan luwak ini kurang sempurna, karenanya biji kopi yang telah dimakannya akan dikeluarkan lagi bersama fesesnya (kotorannya). Biji kopi ini merupakan biji kopi pilihan yang telah melewati proses fermentasi yang berbeda di tubuh luwak. Itulah mengapa Kopi Luwak ini memiliki cita rasa istimewa yang berbeda dibandingkan kopi biasa.

Kopi Luwak saat ini merupakan kopi termahal di dunia. Kopi yang pertama dikenal berasal dari Indonesia ini harganya dapat mencapai jutaan rupiah. Jangan mudah terkecoh dengan sebutan Kopi Luwak, karena saat ini banyak beredar Kopi Luwak palsu di pasaran. Modusnya adalah dengan menggunakan biji kopi biasa yang masih berkulit tanduk, lalu ditambahkan dengan bahan yang agak berbau, zat perekat, dan kotoran. Setelah itu, campuran tersebut dimasukkan ke dalam slang berdiameter 2-4 cm, lalu dikeluarkan kembali. Teknik tersebut dilakukan untuk mengesankan bahwa kopi tersebut adalah benar-benar yang berasal dari hasil feses (kotoran) hewan luwak. Banyak konsumen yang terkecoh, karena itu kita harus selalu waspada.

Berikut ciri-ciri fisik biji Kopi Luwak yang asli :
1. Perhatikan bahwa kopi yang masih berkulit tanduk berwarna kuning kecokelatan dan relatif homogen.
2. Setelah kulit tanduk dan kulit ari dikupas, biasanya terlihat biji hijau agak mengkilap. Biji hijau tersebut kelihatan lebih padat. Untuk jenis robusta akan menyerupai warna biji arabika, kecuali bagian center cut dan perutnya.
3. Biji kopi luwak relatif lebih berat dari pada jenis biji kopi biasa.
4. Jika biji kopi dimasukkan ke dalam air, semua biji kopi akan tenggelam.

Berdasarkan referensi dari internet, saat ini telah ditemukan enzim tiruan yang menyerupai enzim Luwak untuk memproduksi Kopi Luwak. Namun pastinya, proses yang paling alami adalah yang terbaik.

Membedakan Kopi Luwak, Asli atau Palsu


Referensi :
Buku:
Panggabean, Edy, Mengeruk Untung dari Bisnis Kopi Luwak, Jakarta: AgroMedia Pustaka, 2011

Internet:
http://en.wikipedia.org/wiki/Kopi_Luwak

1 komentar:

  1. Produsen Kopi Luwak asli pasti akan memberikan jaminan bila kopi tsb 100% Kopi Luwak.
    Suryana memberikan jaminan tersebut.. Money back guarantee.

    Kopi Luwak asli juga terdapat aroma nya yang khas ketika diseduh air panas dan taste yg berbeda dan sangat sensasional dibanding kopi biasa...

    checkout >>> www.suryana.asia --- www.kopiluwaksuryana.com

    BalasHapus